Apa itu Hukum?

Apa itu Hukum

Apa sih Hukum itu?
Untuk paham arti hukum, biasanya kisah Robinson Crusoe, novel karangan Defoe yang pertama dipublikasikan di London 1719 dijadikan sebagai referensi utama.

Robinson Crusoe, diceritakan sebagai pemuda yang meninggalkan kehidupan dengan status sosialnya nyaman di London untuk menjadi pelaut. Ia sempat dijual menjadi budak namun berhasil melarikan diri dan hidup dengan berdagang. Ketika akhirnya ia harus kembali ke laut untuk berlayar, kapalnya diterjang badai hingga hanya dirinya yang selamat.

Robinson Crusoe harus bertahan di pulau terpencil sendirian selama puluhan tahun, sebelum akhirnya bertemu dengan suku pribumi di pulau terpencil tersebut

Sebelum bertemu dengan suku pribumi, ia hidup seenak dirinya. Apapun dia lakukan sesuai kehendaknya. Tetapi setelah bertemu orang lain, akhirnya ia harus berkompromi. Menentukan batas-batas mana yang masih dapat ditoleransi orang lain.

Itu dia hukum.
Hukum adalah suatu aturan yang tercipta untuk menentukan batas-batas yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hubungan sosial, sehingga fokus yang diatur dalam hukum adalah “hubungan” yang baru terjadi ketika ada lebih dari satu subjek.
.
Sama seperti ketika kita punya satu kamar untuk sendirian dan kamar yang dibagi dengan orang lain. Terdapat aturan-aturan yang harus kita hormati dalam menjalankan hak kita bukan?
.
Nah, dicatat ya sobat Fauxell.
Hukum itu engga melulu soal hukum-menghukum, tetapi apapun yang mengatur hubungan sosial untuk menjaga ketertiban, keamanan dan keteraturan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Discover more from

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Scroll to Top